Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION)
Vol 8 No 2 (2025): Jurnal Pendidikan Matematika:Judika Education

Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Berbasis Etno-Stem Melalui Tabut

Winanda, Dio Reski (Unknown)
Risnanosanti, Risnanosanti (Unknown)
Jumri, Rahmat (Unknown)
Asmara, Adi (Unknown)
Ramadianti, Winda (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa pada pembelajaran matematika melalui Tabut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kualitatif dengan menggunakan pendekatan Etno-STEM. Penelitian ini melibatkan siswa kelas IX-A SMP Negeri 03 Bengkulu Tengah pada semester ganjil 2024/2025. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara semi-terstruktur. Teknik analisis data yang digunakan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembuatan miniatur Tabut dalam pembelajaran matematika berbasis Etno-STEM dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Kata Kunci: Berpikir kritis matematis, Etno-STEM, Tabut

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JUDIKA

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika (Judika Education) memuat artikel hasil penelitian baik penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan mixed method yang terkait dengan bidang ilmu pendidikan ...