Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan strategi pemasaran yang diterapkan oleh industri rumah tangga di wilayah Malang. Dengan menggunakan studi kasus, peneliti menggunakan pedoman wawancara dan catatan lapangan untuk mendapatkan data. Data yang terkumpul ditranskrip, direduksi, ditampilkan dan ditriangulasi agar jenuh. Temuan menunjukkan bahwa kedua industri rumah tangga tersebut masih menerapkan cara yang sangat konvensional untuk menjangkau target pelanggannya. Mereka hanya melakukan penjualan langsung di pasar tradisional dan kepada mereka yang datang ke tempat-tempat wisata setempat. Dan juga, mereka mengandalkan pemasaran dari mulut ke mulut untuk mencapai target pasar mereka. Berdasarkan temuan tersebut, peneliti ingin memberikan beberapa saran kepada beberapa pihak. Untuk subjek penelitian, disarankan untuk melibatkan generasi muda dalam mempromosikan produknya. Selanjutnya, pemangku kepentingan dan peneliti lebih lanjut diharapkan dapat mendukung industri rumah tangga tersebut baik secara material maupun non material.
Copyrights © 2024