Penelitian ini menggunakan metode EDR (Educational Design Research) dengan model McKenney and Reeves. Bertujuan untuk menghasilkan suatu pengembangan produk melalui tahap validasi dan uji coba sehingga dapat menghasilkan produk yang efektif, praktis, dan valid terkait pengembangan media untuk memfasilitasi kemampuan mengenal huruf anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, tahap satu di TKA Sulalatul Huda dan tahap dua di RA Al Hidayah. Hasil yang didapat dari kedua tahap tersebut menunjukkan bahwa media yang dikembangkan terhadap efektivitas media dinyatakan layak digunakan pada Pendidikan Anak Usia Dini. Hal tersebut juga dapat dilihat melalui angket respon guru terhadap penggunaan media kartu 3in1 dengan persentase sebesar 100% dan 85,7% sehingga pengembangan media kartu 3in1 untuk memfasilitasi kemampuan mengenal huruf anak usia 4-5 tahun dinyatakan layak karena memudahkan guru dalam penyampaian pematerian dan informasi lain selama pembelajaran terutama dalam mengenal huruf. This research uses the EDR (Educational Design Research) method with the McKenney and Reeves model. The aim is to produce a development product through validation and testing stages so that it can produce an effective, practical and valid product related to development media to facilitate the ability to recognize letters for children aged 4-5 years. This research was carried out in two stages, stage one at TKA Sulalatul Huda and stage two at RA Al Hidayah. The results obtained from these two stages show that the media developed regarding media effectiveness is declared suitable for use in Early Childhood Education. This can also be seen through the teacher response questionnaire regarding the use of 3in1 card media with percentages of 100% and 85.7%, so that the development of 3in1 card media to facilitate the ability to recognize letters for children aged 4-5 years is stated to be because it makes it easier for teachers to open lectures and other information. during learning, especially in recognizing letters.
Copyrights © 2024