Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik role playing untuk meningkatkan empati siswa di SMP Islam Al-Azhar tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Penentuan subyek penelitian atau responden dalam penelitian ini dilakukan menggunakan random assignment pada siswa kelas VIII SMP Islam Al-Azhar. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara serta Analisis data menggunakan rumus t-test. Hasil uji one way ANOVA dalam penelitian ini menunjukkan nilai F sebesar 16.145 dengan nilai p < 0.01, sehingga Ho ditolak atau ada perbedaan yang berarti antar setiap kelompok eksperimen. Uji keefektifan yang dilakukan dalam penelitian ini secara garis besar adalah untuk memperoleh gambaran mengenai dampak intervensi layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik role playing untuk meningkatkan empati siswa. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa bimbingan kelompok dengan teknik role playing efektik untuk meningkatkan empati siswa SMP Islam Al-Azhar tahun pelajaran 2023/2024.
Copyrights © 2024