Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 21 No 02 (2024): Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling

Efektivitas Bimbingan Klasikal Terhadap Penggunaan Media Sosial dan Pertahanan Akulturasi Budaya pada Generasi Z

Zulaifi, Reza (Unknown)
Wibowo, Dwi Endrasto (Unknown)
Mustakim, Ichwanul (Unknown)
Iman, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2024

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keefektifitasan bimbingan klasikal terhadap penggunaan media sosial dan pertahanan akulturasi budaya pada generasi z. Banyak generasi Z yang terlahir dalam rentang 2000-2024 terdampak dari penggunaan smartphone untuk mengakses berita terkini dan tidak memperhatikan kembali budaya lokal yang ada. Pengaruh ini besar bagi terancamnya literasi budaya yang ditularkan dari gen X kepada kaum generasi Z. Jenis penelitian ini adalah penelitian literature yang menggunakan beberapa literature tentang keefektifitasan bimbingan kelompok dan pengaruh penggunaan media soal terhadap akulturasi budaya pada generasi Z untuk dikaji dan disimpukan hasilnya. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa media sosial memiliki dampak pergeseran budaya bagi generasi z di lingkungan sekitar terlebih dalam cara berpakaian, bahasa dan tingkah laku. Oleh karenanya, metode layanan bimbingan klasikal inilah yang kami pilih sebagai solusi pemecahan masalah yang ditimbulakan, yang mana dapat membantu individu agar mampu menyesuaikan diri, mampu mengambil keputusan untuk hidupnya sendiri, mampu beradaptasi dalam kelompok, mampu menerima support atau dapat memberikan support teman-temannya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

guidance

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Health Professions Social Sciences

Description

Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling is an open access journal and peer-reviewed that published either original article or reviews. this journal focuses on Guidance and Counseling Islamic, Counseling Multicultural, School Counseling, Counselor Education, Child and Adolescent Counseling, Adult ...