JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA
Vol. 5 No. 1 (2025): JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA

Media BERUANG (Belajar Bangun Ruang): Pendekatan Pembelajaran Van Hiele

Fatimah Azzahro (Universitas Muhammadiyah Semarang)
Venissa Dian Mawarsari (Universitas Muhammadiyah Semarang)
Abdul Aziz (Universitas Muhammadiyah Semarang)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2025

Abstract

Bangun ruang sisi datar merupakan topik matematika dalam lingkup geometri yang membahas tentang kubus, balok, limas, dan prisma. Pada topik ini, siswa sering mengalami kesulitan dalam memvisualisasikan benda dan mengaitkannya dengan masalah kontekstual. Peran guru dalam mengatasi permasalahan tersebut tentu sangat dibutuhkan. Satu diantara alternatif yang bisa dilakukan yaitu memanfaatkan teknologi untuk membuat media pembelajaran. Pembelajaran Van Hiele menekankan pentingnya tahapan pemahaman geometri yang sistematis, mulai dari visualisasi hingga penguasaan formal, sehingga dapat membantu siswa memahami konsep bangun ruang secara bertahap. Perangkat lunak aplikasi yang dapat digunakan adalah Articulate Storyline 3. Penelitian ini dirancang untuk menghasilkan desain media pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran Van Hiele materi bangun ruang sisi datar yang valid. Metodelogi penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE yang hanya dibatasi pada tahap analisis, perancangan, dan pengembangan. Teknik analisis data yang digunakan meliputi analisis kebutuhan, analisis validasi ahli media dan ahli materi. Penelitian ini menghasilkan sebuah desain media pembelajaran beserta hasil validasi media pembelajaran dari ahli materi dengan perolehan rata-rata penilaian 91,5% yang tergolong kategori valid dan ahli media dengan perolehan rata-rata nilai 94% yang tergolong kategori valid. Rata-rata penilaian media pembelajaran gabungan dari ahli media dan ahli materi diperoleh nilai sebesar 92,75% dengan kategori valid. Hal ini membuktikan bahwa desain media pembelajaran “BERUANG” layak untuk digunakan dan diujicobakan kepada peserta didik saat proses pembelajaran matematika berlangsung.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jagomipa

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Mathematics Physics

Description

JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA memiliki e-ISSN: 2797-6467 dan p-ISSN: 2797-6475, menerbitkan jurnal hasil kajian teori dan penelitian pada pendidikan matematika dan IPA, baik hasil kajian dan penelitian pendidikan secara umum maupun hasil kajian dan penelitian pembelajaran dalam ...