Jambura Journal of Educational Management
Volume 6 Nomor 1, Maret 2025

Peran Program Guru Penggerak Dalam Meningkatkan Self-Efficacy Guru

Sela Gustia (Unknown)
Eti Hadiati (Unknown)
Nor Rochmatul Wachidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2025

Abstract

Perubahan cepat dalam kebijakan pendidikan seringkali menimbulkan kecemasan di kalangan guru, yang berdampak pada berkurangnya rasa keyakinan mereka dalam mengajar. Ketidakpastian ini memerlukan upaya untuk mendukung dan memperkuat kompetensi guru, sehingga mereka dapat lebih percaya diri dalam menghadapi berbagai tantangan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran program guru penggerak dalam meningkatkan self-efficacy guru. Dengan metode penelitian kualitatif, data diperoleh melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program guru penggerak dapat meningkatkan self-efficacy, dilihat dari peningkatan kompetensi guru dalam menerapkan metode pembelajaran yang inovatif dan berpusat pada siswa dan peningkatan kepercayaan diri dalam menghadapi berbagai tantangan pedagogis.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jjem

Publisher

Subject

Other

Description

Jambura Journal of Educational Management (JJEM) is a scientific journal in the field of Education Management. JJEM is published by the Department of Education Management, Faculty of Education science at the State University of Gorontalo. The purpose of this journal is to provide a place for ...