Proceedings Series of Educational Studies
2025: Seminar Nasional Departemen Administrasi Pendidikan "Transformasi Manajemen Pendidikan: Memban

Dampak Kompetensi Guru yang Rendah terhadap Mutu Pendidikan di Indonesia

Cahyani, Okik Dwi (Unknown)
Mutmainnah, Mutmainnah (Unknown)
Chidayatiningsih, Rina (Unknown)
Maisyaroh, Maisyaroh (Unknown)
Nurabadi, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2025

Abstract

Pendidikan merupakan sebuah proses pembelajaran ilmu pengetahuan, keterampilan dan kebiasaan yang diturunkan dari generasi sebelumnya ke generasi berikutnya. Kompetensi guru di Indonesia pada saat ini masih rendah. Dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya yaitu seperti akses guru dalam meningkatkan kompetensinya melalui pemenuhan kualifikasi akademik terhambat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kompetensi guru sehingga dapat mencapai mutu dan kualitas pendidikan di negara Indonesia. Metode penelitian yang digunakan yaitu literature review untuk mengkaji dan mengulas secara mendalam hasil-hasil penelitian terdahulu yang relevan sesuai dengan pokok bahasan. Hasil dari penelitian ini yaitu ada empat pokok bahasan. 1) Indikator rendahnya kompetensi guru yaitu penguasaan materi pembelajaran, metode pembelajaran, serta dilakukan evaluasi dan asesmen. 2) Adapun faktor rendahnya kompetensi guru antara lain kualitas pendidikan guru, kurangnya pelatihan dan pengembangan, kuragnya motivasi dan kesejahteraan guru serta siswa, keterbatasan sarana dan prasarana pendukung terutama pada daerah tertinggal. 3) Dampaknya terhadap mutu pendidikan di Indonesia adalah penurunan kualitas pembelajaran, prestasi akademik, kesenjangan pendidikan, dan motivasi siswa. 4) Strategi Pemerintah untuk meningkatkan kompetensi guru di Indonesia yaitu peningkatan pelatihan dan sertifikasi guru, reformasi sistem rekruitmen guru, peningkatan kolaborasi guru, peningkatan akses teknologi, kolaborasi dengan institusi pendidikan tinggi, serta memberikan insentif dan apresiasi bagi guru yang berprestasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pses

Publisher

Subject

Education

Description

The proceedings series Proceedings of Educational Study Seriesaims to publish proceedings from conferences on the theories and methods in fields of ...