Proceedings Series of Educational Studies
2025: Seminar Nasional Departemen Administrasi Pendidikan-Prodi S3 Manajemen Pendidikan Tahun 2024

Strategi Penguatan Kemampuan Berpikir Kritis Pebelajar Melalui Pembelajaran Proyek dan Personalisasi

Batita, Maurish Sofie Rahmi (Unknown)
Setyosari, Punaji (Unknown)
Kuswandi, Dedi (Unknown)
‘Alam, Ghasa Faraasyatul (Unknown)
Purnawirawan, Okta (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2025

Abstract

Kemampuan berpikir kritis menjadi salah kemampuan signifikan yang harus dimiliki dan dikembangkan dalam diri pebelajar. Kemampuan berpikir kritis mampu mengarahkan pebelajar untuk melakukan analisa, penyelidikan dan mampu mengembangkan sebuah solusi dari permasalahan nyata di sekitar. Dalam mengembangkan kemampuan tersebut, strategi pembelajaran berbasis proyek atau project-based learning (PjBL), dan pembelajaran personalisasi atau personalized learning (PL) memunculkan tren baru dalam pendidikan modern di sistem pendidikan Indonesia. Studi ini bertujuan untuk melakukan investigasi terhadap penerapan strategi PjBL dan PL, dan dampaknya pada peningkatan kemampuan berpikir kritis. Metode yang digunakan adalah kajian literatur dengan dibantu oleh perangkat lunak Publish or Perish, dan menyaring 15 studi terpilih terindeks Scopus berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan. Hasil dari studi ini menunjukkan bahwa dampak nyata berupa hasil empiris dari implementasi PjBL dan PL terhadap perkembangan kemampuan berpikir kritis. Studi ini juga menyimpulkan bahwa terdapat gap penelitian yang mampu dikaji secara mendalam lagi dengan mengkaji kedua strategi PjBL dan PL kedepannya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pses

Publisher

Subject

Education

Description

The proceedings series Proceedings of Educational Study Seriesaims to publish proceedings from conferences on the theories and methods in fields of ...