Dharmas Education Journal (DE_Journal)
Vol 4 No 3 (2024): Special Issue

PENGARUH PENGGUNAAN METODE PROJECT-BASED LEARNING (PJBL) DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS VII

Silitonga, Immanuel Doclas Belmondo (Unknown)
Purba, Jon Roi Tua (Unknown)
Nasution, Wina (Unknown)
Purba, Mei Vionariska (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) dengan Media Gambar terhadap kemampuan menulis deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Pematangsiantar. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah Kelas VII-5 yang berjumlah 32 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata- rata peserta didik sebelum menggunakan model Project Based Learning (PjBL ) dengan Media Gambar, kemampuan menulis deskripsi sebesar 49,56.Nilai rata-rata peserta didik seesudah menggunakan model Project Based Learning (PjBL) dengan Media Gambar, kemampuan menulis puisinya sebesar 78,03.Berdasarkan uji t dengan membandingkan harga t hitung dengan t tabel diperoleh t hitung > t tabel atau 5,89 > 1,69,sehingga Ha diterima, Ho ditolak. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan model Project Based Learning (PjBL) dengan Media Gambar terhadap kemampuan menulis deskripsi peserta didik Kelas VII SMP Negeri 7 Pematangsiantar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

de_journal

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Public Health Other

Description

DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal) merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Dharmas Indonesia, dan sebagai sarana publikasi hasil penelitian serta berbagi perkembangan ilmu tentang pendidikan. Jurnal ini memuat artikel yang belum pernah ...