EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 7, No 1 (2025): February

Pengembangan E-Modul Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Karakter Siswa dalam Pembelajaran IPAS di SD

Susanti, Novita Dwi (Unknown)
Hayati, Kulsum Nur (Unknown)
Widiasih, Widiasih (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas e-modul berbasis proyek dalam meningkatkan hasil belajar dan penguatan karakter siswa pada pembelajaran IPAS kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model Borg & Gall. Uji validasi oleh ahli menunjukkan bahwa e-modul memenuhi kriteria kelayakan tinggi dari aspek materi, media, dan desain instruksional. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa e-modul praktis digunakan dalam pembelajaran dengan nilai rata-rata angket respon siswa dan guru yang tinggi. Analisis statistik menggunakan uji N-gain dan t-test menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa setelah penggunaan e-modul ini. Selain itu, hasil observasi menunjukkan adanya penguatan karakter siswa, khususnya dalam aspek gotong royong dan kemandirian. Penelitian ini memberikan implikasi bagi pengembangan kurikulum dan strategi pembelajaran berbasis teknologi di sekolah dasar. Untuk penelitian selanjutnya, disarankan agar e-modul ini diuji dalam jangka waktu yang lebih panjang serta dikembangkan dengan fitur interaktif tambahan untuk meningkatkan efektivitasnya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...