PANDU: Jurnal Pendidikan Anak dan Pendidikan Umum
Vol 3 No 1 (2025): FEBRUARI

PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI RA AL-MUKARROMAH BARURAHARJA: IMPLEMENTATION OF THE INDEPENDENT CURRICULUM AT RA AL-MUKARROMAH BARURAHARJA

Sukawati (Unknown)
Kurnia Mulyani, Dessy (Unknown)
Ariani, Mely (Unknown)
Dwi Rahma, Adinda (Unknown)
Amalia, Nisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2025

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting dalam membangun karakter dan sumber daya manusia yang maju untuk menjadikan negara Indonesia tidak hanya berkembang, tetapi juga menjadi negara maju seperti Jepang dan negara maju lainnya. Menurut Wirawan, Pendidikan merupakan wadah yang paling tepat untuk membangun bangsa yang lebih baik lagi untuk menghadapi era digital yang semakin elit. (fatayatul, implementasi dan optimalisasi kur merdeka) kurikulum apapun yang digunakan,tujuannya tetap sama untuk mencerdaskan anak-anak bangsa. Kurikulum juga berfungsi sebagai paduan bagi para ndidik dalam proses pengajaran,dengan tujuan mencapai hasil pembelajaran. Perubahan kurikulum bisa membuat semangat baru bagi peserta didik untuk mencari dan menerima suatu ilmu pengetahuan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. RA Al-Mukarromah, Kecamatan Sungkai Utara, berhasil menerapkan Kurikulum Merdeka secara efektif dengan mengintegrasikan nilai-nilai keagamaan dan menekankan pengembangan keterampilan holistik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pandu

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal PANDU merupakan jurnal penelitian peer-review akses terbuka yang berfokus dalam kajian pendidikan anak dan pendidikan umum. Jurnal PANDU menyediakan platform yang menyambut dan mengakui artikel penelitian empiris original di bidang pendidikan yang ditulis oleh peneliti, akademisi, ...