Journal Pesona Indonesia
Vol. 1 No. 2 (2024): JPI 2024

Analisis Penggunaan Media Papan Himpunan dan Roda Berputarpada Mata Pelajaran Matematika di Kelas 6 Sekolah Dasar

M. Abid Saputra (STKIP Taman Siswa Bima)
Ifrani Ifrani (STKIP Taman Siswa Bima)
Fitri Hijratunnisah (STKIP Taman Siswa Bima)
Utari Agustina (STKIP Taman Siswa Bima)
Husnul Khatimah (STKIP Taman Siswa Bima)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis efektivitas penggunaan media papan himpunan dan roda berputar dalam pembelajaran matematika kelas 6 di SDN 67 Rabantala, Kota Bima. Media ini dirancang untuk membantu siswa memahami konsep himpunan dengan lebih mudah melalui pendekatan visual yang menarik. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, di mana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media papan himpunan dan roda berputar berdampak positif terhadap motivasi dan pemahaman siswa. Media ini mampu membuat siswa lebih antusias, aktif, dan terlibat dalam proses pembelajaran. Siswa dapat memahami materi himpunan dengan lebih mudah karena media ini memberikan representasi visual yang jelas dan interaktif. Selain itu, pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, sehingga meningkatkan motivasi belajar siswa secara keseluruhan. Penggunaan media kreatif seperti papan himpunan dan roda berputar juga mendukung terciptanya suasana kelas yang interaktif, di mana siswa lebih percaya diri untuk berpartisipasi dalam diskusi dan kegiatan kelompok. Dengan pendekatan yang menyenangkan, siswa tidak hanya memahami materi lebih baik, tetapi juga lebih termotivasi untuk belajar secara mandiri di luar kelas. Kesimpulannya, penerapan media pembelajaran yang inovatif dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya dalam materi matematika seperti himpunan. Media ini dapat diadaptasi dan diterapkan pada berbagai jenjang pendidikan untuk mendukung pembelajaran yang lebih bermakna.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pesona

Publisher

Subject

Description

Jurnal Pesona Indonesia (JPI), diterbitkan oleh Institut Teknologi Pendidikan Indonesia E-ISSN: 3064 - 6448, adalah jurnal multidisiplin yang menjadi platform bagi peneliti dan akademisi untuk mempublikasikan hasil penelitian orisinal, ulasan ilmiah baru, dan analisis mendalam yang relevan secara ...