Penelitian ini bertujuan untuk membahas 1) bagaimana implementasi manajemen pengelolaan kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Insan Cendekia, 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pengelolaan kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Insan Cendekia. Penelitian ini  memuat jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriftif.  Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan pengelolaan kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Insan Cendekia dilihat dari dua ruang lingkup pengelolahan kelas yaitu pengelolahan kelas secara fisik dan secara non fisik. Pengelolahan kelas secara fisik yang dilakukan di MTs Insan Cendekia adalah dengan menyusun tempat duduk siswa dan guru, memberikan pencahayaan serta udara segar masuk kedalam ruang kelas dengan membuka jendela, memperindah ruangkelas dengan meletakan hiasan dinding, serta membersikan ruangan kelas setiap hari sesuai jadwal yang telah diberikan. Sedangkan pengelolahan kelas secara non fisik yang dilakukan guru MTs Insan Cendekia adalah dengan menjalin hubungan baik dengan siswa siswi, pada saat pembelajaran guru juga menyelipkan beberapa candaaan serta hiburan, mengajar dengan menggunakan suara yang tegas, jelas, intonasi yang sesuai serta bahasa tubuh, dan  pembagian waktu atau manajemen waktu  yang baik. Begitupula ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pengelolahan kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MTs Insan Cendekia adalah 1) Kualitas dan kompetensi guru, 2) Lingkungan fisik kelas, 3) Pendekatan Individual, dan 4) Program Ekstrakulikuler.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024