PESHUM
Vol. 4 No. 2: Februari 2025

Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru SDN Temperak

Setiyaningsih, Ambar (Unknown)
Dianningsih, Dianningsih (Unknown)
Soedjono, Soedjono (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2025

Abstract

Tujuan penelitian untuk untuk mendeskripsikan peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru di SDN Temperak. Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan analisis kualitatif. Pengumpulan data di peroleh dari wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian adalah (1) Kepemimpinan Kepala Sekolah di SDN Temperak dapat meningkatkan kualitas kompetensi guru, pengelolaan sumber daya, hingga menciptakan lingkungan yang mendukung proses pembelajaran yang berkualitas. (2) Dengan pendekatan yang kolaboratif dan inklusif, kepala sekolah juga berhasil membangun hubungan yang positif dengan siswa, orang tua, dan masyarakat, yang pada gilirannya meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah 3) Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru telah terlaksana dengan cara memberikan bimbingan bila ada kendala mengajar bagi para guru, mengatur keuangan sekolah untuk keperluan sekolah. Sedangkan saran dari penelitian ini adalah (1) Dengan meningkatkan pelatihan berkelanjutan, sistem mentoring yang efektif, serta menciptakan budaya kolaboratif, kepala sekolah dapat mendukung guru dalam meningkatkan kompetensinya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PESHUM

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

PESHUM: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. PESHUM : Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora menerbitkan artikel bidang: (1) Pendidikan: Pendidikan dan Pembelajaran, Pendidikan Karakter, Pendidikan Inklusi, Kurikulum Pendidikan. (2) Sosial: Ekonomi, ...