Tujuan penelitian untuk untuk mendeskripsikan peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru di SDN Temperak. Metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan analisis kualitatif. Pengumpulan data di peroleh dari wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian adalah (1) Kepemimpinan Kepala Sekolah di SDN Temperak dapat meningkatkan kualitas kompetensi guru, pengelolaan sumber daya, hingga menciptakan lingkungan yang mendukung proses pembelajaran yang berkualitas. (2) Dengan pendekatan yang kolaboratif dan inklusif, kepala sekolah juga berhasil membangun hubungan yang positif dengan siswa, orang tua, dan masyarakat, yang pada gilirannya meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah 3) Peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru telah terlaksana dengan cara memberikan bimbingan bila ada kendala mengajar bagi para guru, mengatur keuangan sekolah untuk keperluan sekolah. Sedangkan saran dari penelitian ini adalah (1) Dengan meningkatkan pelatihan berkelanjutan, sistem mentoring yang efektif, serta menciptakan budaya kolaboratif, kepala sekolah dapat mendukung guru dalam meningkatkan kompetensinya.
Copyrights © 2025