ANTHOR: Education and Learning Journal
Vol 3 No 4 (2024): Anthor 2024

Kontribusi Pemanfaatan Internet terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital di SMK Negeri 3 Panyabungan Mandailing Natal

Nur Cahaya (IAIN Bukittinggi)
Zulfani Sesmiarni (IAIN Bukittinggi)
Supratman Zakir (IAIN Bukittinggi)
Charles Charles (IAIN Bukittinggi)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2024

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pemanfaatan Internet terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMK Negeri 3 Panyabungan Mandailing Natal. Internet memiliki banyak manfaat salah satu manfaatnya untuk mencari dan mempelajari ilmu pengetahuan. Tetapi di SMK Negeri 3 Panyabungan Mandailing Natal proses pembelajaran belum begitu memanfaatkan internet. Siswa memanfaatkan internet hanya sebagai hiburan. Penelitian menggunakan jenis korelasi dengan pengelohan kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan populasi dan sampel seluruh kelas X jurusan Teknik Audio Video (TAV). Pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling yang teknik sampling jenuh yang berarti seluruh populasi menjadi sampel. Hasil uji validitas angket adalah valid dengan rtabel = 0,297 dan uji reablititas 0,922>0,070 yang berarti reliabel. Hasil uji prasyarat pada uji normalitas data bernilai normal uji linearitas di dapat hasil data linaer. Lalu uji hipotesis dengan product moment didapatkan hasil 0,909>0,297 yang berarti H1 diterima dan H0 ditolak dimana terdapat manfaat internet terhadap hasil belajar siswa. Pengelolaan data yang dilakukan dengan SPSS didapatkan hasil korelasi pemanfaatan internet terhadap hasil belajar siswa adalah 82,6% banyaknya konstribusi pemanfaatan internet terhadap hasil belajar siswa melebihi 75% pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. Dimana kontribusinya sebesar 82,2%. Jadi, internet efektif dimanfaatkan untuk meningkatkan hasil belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

anthor

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

ANTHOR Education and Learning Journal is a scientific publication medium for research studies, academic thoughts, and critical-analytical studies in the field of science and technology, particularly in education and learning, with e-ISSN: 2963-198X and p-ISSN: 2963-2498. This journal aims to ...