Kurikulum saat ini menuntut proses pembelajaran dengan menggunakan media yang inovatif dan model pembelajaran yang dapat menumbuhkan peran aktif peserta didik. Berdasarkan hasil pengamatan di kelas IV SDN Luwungbata 02, beberapa siswa masih belum bisa menyelesaikan pembagian bersusun. Hal ini dikarenakan media pembelajaran kurang efektif sehingga pada pembelajaran menggunakan Problem Based Learning (PBL) belum sepenuhnya berhasil. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui pengembangan media Division Board dengan menggunakan desain pengembangan ADDIE, kelayakan media, dan keefektifan media pada pembelajaran PBL materi pembagian bersusun dalam membuat peningkatan hasil belajar matematika di kelas IV SDN Luwungbata 02 Brebes. Adapun metode yang diterapkan pada penelitian adalah penelitian R&D menggunakan desain penelitian ADDIE. Instrumen pengumpul data yang digunakan meliputi observasi, catatan tertulis, wawancara, dan angket. Data yang dihasilkan dianalisis dengan menguji kelayakan media, uji normalitas, uji perbandingan rata-rata t-test dan uji wilcoxon, serta uji peningkatan rata-rata. Hasil penelitian ini diperoleh penilaian kelayakan media Division Board oleh dua validator yaitu validator media mendapatkan persentase 90,95% dan penilaian oleh validator materi mendapatkan persentase 90% ini termasuk dalam kategori sangat layak. Penggunaan media Division Board dengan model Problem Based Learning mendapatkan tanggapan positif dari pendidik dan peserta didik, serta hasil analisis pretest dan posttest menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dalam pencapaian belajar pada materi pembagian bersusun setelah penggunaan media tersebut.
Copyrights © 2025