JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)
Vol. 10 No. 3 (2022): JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)

ANALISIS PEMECAHAN MASALAH KONSEP USAHA PADA MAHASISWA CALON GURU FISIKA

Alfani, Alfani (Unknown)
Supriyatman, Supriyatman (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah konsep usaha pada mahasiswa calon guru fisika. Berdasarkan tahapan Heller ditinjau dari kategori tinngi, sedang dan rendah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2020, dipilih 6 responden terdiri dari 2 kategori tinggi , 2 kategori sedang, dan 2 kategori rendah. Hasil penelitian ini adalah : 1) tahap memvisualisasikan masalah mahasiswa kategori tinggi dan sedang sudah cukup baik sedangkan untuk kategori rendah masih kurang. 2) tahap mendeskripsikan konsep fisika berdasarkan masalah, mahasiswa kategori tinggi dan sedang sudah baik dalam menuliskan hal-hal yang diketahui dan ditanyakan, sedangkan untuk kategori rendah masih kurang, kerena hanya menuluiskan sebagian dari informasi yang diketahui. 3) tahap merencanakan solusi untuk kategori tinggi dan sedang sudah baik sedangkan untuk kategori rendah masih kurang karena dalam merencanakan solusi untuk masalah yang ada. 4) tahap melaksanakan rencana solusi untuk kategori tinggi dan sedang sangat baik dalam melaksanakan solusi yang ada sedangkan untuk kategori rendah masih kurang karena tidak memahami masalah yang ada. 5) tahapan mengecek dan mengevaluasi solusi untuk kategori tinggi dan sedang sudah melakukan kembali pengecekan pada langkah-langkah untuk melenyelesaikan masalah sedangkan untuk ketegori rendah tidak melakukan penegcekan karena tidak dapat menyelesaikan masalah yang diberikan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpft

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Electrical & Electronics Engineering Energy Engineering

Description

The Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online is a peer-reviewed journal published three times a year (April, August, and December) by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tadulako. The journal serves as a communication platform for researchers, ...