JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)
Vol. 12 No. 3 (2024): JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online)

Pengembangan Media Pembelajaran Elektronik Berbasis Linktree Berbantuan Heyzine Dan Quizwhizzer

Amalia, Khairatun (Unknown)
Syamsu, Syamsu (Unknown)
Darmadi, I Wayan (Unknown)
Adi Untara, Ketut Alit (Unknown)
Sani, Nurul Kami (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran elektronik dengan memanfaatkan Linktree berbantuan Heyzine dan Quizwhizzer, dan mengetahui kelayakan media pembelajaran elektronik berbasis Linktree berbantuan Heyzine dan Quizwhizzer. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development atau R&D) dengan model pengembangan 4D, yang mencakup tahap Define, Design, dan dibatasi sampai Develop. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Mayana di SMA Negeri 9 Sigi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dengan skala Likert, dan analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran fisika berbasis Linktree dengan bantuan Heyzine dan Quizwhizzer layak digunakan sebagai media pembelajaran. Dari hasil validasi ahli materi diperoleh skor rata-rata 3,88 dengan kategori “Sangat Baik”, Validasi ahli media diperoleh skor rata-rata 3,78 dengan kategori  “Sangat Baik”, angket respon guru diperoleh skor rata-rata 3,44 dengan kategori “Sangat Baik”, dan angket respon peserta didik diperoleh skor rata-rata 3,40 dengan kategori “Sangat Baik”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini layak digunakan dalam proses pembelajaran Fisika materi suhu dan kalor.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpft

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Electrical & Electronics Engineering Energy Engineering

Description

The Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online is a peer-reviewed journal published three times a year (April, August, and December) by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Tadulako. The journal serves as a communication platform for researchers, ...