Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam
Vol. 11 No. 1 (2025)

Implementasi Strategi STAD (Student Teams Achievement Division) Pada Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan

Arlina (Unknown)
Desi Sabtina (Unknown)
Dewi Aryanti (Unknown)
Bilal Hafis (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi keefektifan penerapan Strategi Student Teams Achievement Division (STAD) pada kelas VII-2 MTsN 2 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi STAD memberikan dampak positif pada siswa, termasuk peningkatan motivasi belajar, keberanian, dan rasa percaya diri. Selain itu, strategi ini juga berkontribusi pada peningkatan kecerdasan emosional dan motivasi belajar siswa, serta memperkuat kerja sama antar siswa. Meskipun strategi STAD membawa sejumlah kelebihan, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa kelemahan. Salah satu kelemahan utama adalah tidak semua peserta didik dapat berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran karena perbedaan kemampuan kognitif siswa. Penemuan ini memberikan wawasan penting bagi guru dan pengambil kebijakan untuk menyesuaikan implementasi strategi STAD dengan kebutuhan dan karakteristik kelas, sehingga potensi positif strategi ini dapat dioptimalkan dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di tingkat menengah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Jurnal_Risalah

Publisher

Subject

Education

Description

Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is published by the Faculty of Islamic Studies Wiralodra University Indonesia. Focus of Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is on publishing original empirical research articles and theoretical reviews of Islamic education and Islamic Studies. The ...