Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh
Vol. 5 No. 1 (2025): Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh

Analisis Kemampuan Metakognisi Siswa dalam Menyelesaikan Soal High Order Thinking Skill (HOTS)

Azlika, Lulu (Unknown)
Aklimawati, Aklimawati (Unknown)
Mahmuzah, Rifaatul (Unknown)
Fajriana, Fajriana (Unknown)
Zahara, Yulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2025

Abstract

Kemampuan metakognisi berhubungan erat dengan konsep High Order Thinking Skills (HOTS), di mana siswa tidak hanya memahami konsep tetapi juga harus mampu menerapkan pengetahuan secara kritis, analitis, reflektif, metakognitif, dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan metakognisi siswa dalam menyelesaikan soal High Order Thinking Skill (HOTS). Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian dipilih dari kelas XI-6 dengan menggunakan teknik purposive sampling, dan dipilih 11 siswa dari seluruh subjek dengan berbagai tingkatan kemampuan metakognisi berdasarkan hasil jawaban siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan metakognisi siswa kelas XI-6 SMAN Modal Bangsa Arun dalam menyelesaikan soal High Order Thinking Skill (HOTS) berada pada tingkatan strategic use atau level cukup pada tingkatan metakognisi. Sebanyak 47% atau 14 dari 30 siswa menunjukkan kemampuan metakognisi yang cukup untuk menyelesaikan soal HOTS dengan baik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpmm

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh focuses on the publication of the result of scientific research to the field of mathematics education. The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, ...