Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research
Vol. 2 No. 2 (2025): FEBRUARI-APRIL

Analisis Kemampuan Literasi Sains pada Anak SD di Kabupaten Deli Serdang

Insani, Aqia (Unknown)
Ramadani, Naila Synta (Unknown)
Jelita, Rara (Unknown)
Surip, M (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2025

Abstract

Literasi sains merupakan kemampuan individu dalam memahami konsep sains, menerapkan pengetahuan ilmiah dalam kehidupan sehari-hari, serta berpikir kritis dan memecahkan masalah berbasis sains. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kemampuan literasi sains pada anak sekolah dasar di Kabupaten Deli Serdang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik survei. Data dikumpulkan melalui tes literasi sains dan angket yang diberikan kepada siswa SD di beberapa sekolah yang dipilih secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi sains siswa bervariasi, dengan sebagian besar siswa berada pada kategori sedang. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan literasi sains meliputi kualitas pembelajaran di sekolah, ketersediaan sumber belajar, serta dukungan orang tua di rumah. Studi ini menekankan pentingnya penguatan pendidikan sains sejak dini melalui metode pembelajaran yang lebih interaktif dan kontekstual.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mister

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

The Journal of MISTER (Jurnal Penelitian Multidisiplin dalam Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan) focuses on publishing manuscripts of any research (multidisciplinary) within the following areas Education, Economics, Social Sciences, Technology, Engineering, Arts, Law & Ethics, Psychology, ...