Kemajuan teknologi yang sangat pesat menuntut individu untuk memiliki kemampuan computational thinking guna menyelesaikan berbagai permasalahan secara komputasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran STEM yang terintegrasi dengan computational thinking dalam meningkatkan kemampuan murid dalam memecahkan masalah. Penelitian ini menggunakan metode pra-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri atas 30 murid kelas IX-A di SMP Muhammadiyah 1 Mlati. Instrumen penelitian meliputi tes tertulis dan lembar observasi. Analisis data dilakukan menggunakan uji Paired simple t-tes dan perhitungan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran STEM terintegrasi computational thinking terlaksana dengan persentase sebesar 84% berkategori baik, yang termasuk dalam kategori baik. Selain itu, uji Paired simple t-tes menunjukkan nilai sig. sebesar 0,000, dengan rata-rata skor N-Gain untuk kemampuan pemecahan masalah murid sebesar 0,62 berkategori sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran STEM terintegrasi computational thinking memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah murid
Copyrights © 2025