Papanda Journal of Mathematics and Sciences Research
Vol. 4 No. 1 (2025): Volume 4 Nomor 1 Maret 2025

Pengaruh media sosial terhadap prestasi belajar matematika: Analisis kuantitatif pada siswa fase-E

Siswanto, Deny Hadi (Unknown)
Kristiawan, Yusie (Unknown)
Zarkasyi, Chairun Nisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2025

Abstract

Media sosial sering digunakan untuk berkomunikasi, berbagi informasi, dan mengisi waktu luang. Penggunaannya dapat memengaruhi prestasi belajar siswa, dengan dampak yang bervariasi tergantung pada konteks dan metode penelitian. Tujuan penelitian ini adlah untuk melakukan analisis yang mendalam terkait pengaruh penggunaan media sosial terhadap prestasi belajar matematika siswa pada fase-E di SMA Negeri 1 Gamping. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini melibatkan 30 siswa yang dipilih sebagai sampel untuk mewakili populasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional guna mengungkap hubungan antara intensitas penggunaan media sosial dengan hasil belajar matematika siswa secara lebih terperinci dan objektif, hasil analisis menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara penggunaan media sosial dengan prestasi belajar siswa, dengan nilai thitung > ttabel (21,771 > 2,048) dan nilai sig. 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media sosial dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pjmsr

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Papanda Journal of Mathematics and Sciences Research (PJMSR) is a scientific journal published by Papanda (Paguyuban Panalungtik Sunda) since 2022. This journal was established to provide up-to-date knowledge in the fields of mathematics and science (physics, chemistry, biology) widely to all ...