Indonesian Journal of Education
Vol. 2 No. 1 (2025): Edisi Juni

Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Indonesia pada Penulisan Poster Unsur Geografi

Alamsyah, Ferdy (Unknown)
Rina Panggabean (Unknown)
Popy Ardian Ningsih Zega (Unknown)
Sihotang, Roma Ulina Br (Unknown)
Sandra Dewi (Unknown)
Prasasti, Tri Indah (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2025

Abstract

Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar sangat penting dalam media komunikasi visual seperti poster, terutama yang digunakan dalam konteks edukatif. Namun, masih ditemukan berbagai kesalahan berbahasa pada poster bertema geografi yang dapat menghambat pemahaman informasi oleh pembaca. Bahasa yang tidak sesuai kaidah dapat mengurangi efektivitas pesan yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan penggunaan bahasa Indonesia pada penulisan poster bertema unsur geografi, yaitu gempa bumi, tanah longsor, tsunami, dan kekeringan. Fokus kajian meliputi tiga aspek utama: ejaan, pilihan kata, dan struktur kalimat. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik dokumentasi terhadap empat poster geografi yang dianalisis secara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan ejaan berupa penulisan huruf kapital dan pemakaian tanda baca menjadi kesalahan yang paling dominan. Selain itu, ditemukan pula kesalahan dalam penggunaan kata tidak baku serta struktur kalimat yang tidak sesuai kaidah bahasa Indonesia. Temuan ini menunjukkan perlunya peningkatan pemahaman kaidah bahasa Indonesia sesuai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), terutama dalam media komunikasi visual seperti poster.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

IJE

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

The Indonesian Journal of Education (IJE) is dedicated to advancing education by publishing high-quality, original research and scholarly articles. The journal serves as a platform for educators, researchers, and practitioners to share knowledge and insights, aiming to improve educational practices ...