Jurnal Excelsior Pendidikan
Vol. 6 No. 1 (2025): April 2025

MEMBANGUN KARAKTER KRISTIANI MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN

Tonapa, Damaris (Unknown)
Legi, Ribka Esther (Unknown)
Lumantow, Anatje Ivone Sherly (Unknown)
Liud, Yahya Herman (Unknown)
Mailoor, Anastacia Jennifer Alexandrina (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2025

Abstract

Pendidikan Agama Kristen (PAK) membentuk karakter Kristiani, terutama di tengah tantangan zaman modern yang penuh dengan perubahan sosial dan budaya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode kontekstual dapat digunakan dalam PAK untuk membangun karakter Kristiani yang relevan dalam konteks saat ini. Penelitian ini mengumpulkan data dari studi literatur melalui metode penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif-analitis. Temuan utama menunjukkan bahwa pemahaman dan penerapan nilai-nilai Kristiani secara lebih efektif dapat dicapai melalui pendekatan kontekstual, yang menekankan hubungan antara pelajaran dan praktik sehari-hari. Metode ini tidak hanya membuat kelas lebih menarik dan berguna, tetapi juga mendorong siswa untuk menerapkan prinsip-prinsip seperti kasih sayang, kejujuran, dan tanggung jawab dalam kehidupan nyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa memasukkan pendekatan kontekstual ke dalam PAK adalah cara yang efektif untuk membangun karakter Kristiani yang kokoh dan relevan dengan tantangan zaman. Kesimpulan ini berarti bahwa pendidik PAK harus terus mengembangkan metode pembelajaran yang kontekstual dan adaptif untuk memenuhi persyaratan generasi muda dalam menghadapi dinamika kehidupan modern.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JEP

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

Jurnal Excelsior Pendidikan adalah jurnal penelitian peer-review, akses terbuka berkualitas tinggi yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Teologi Excelsius. Jurnal Excelsior Pendidikan menyediakan platform yang menyambut dan mengakui makalah penelitian empiris berkualitas tinggi tentang pendidikan ...