Relativitas : Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
Vol 8, No 1 (2025): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN MEDIA VIDEO TERHADAP PENINGKATAN KETEREMAPILAN PROSES SAINS

Anjarwati, Neneng (Unknown)
Muliani, Muliani (Unknown)
Absa, Munzir (Unknown)
Fatmi, Nuraini (Unknown)
Andriani, Riza (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguji bagaimana model quided inqury dengan video dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental, dan desain non-equivalent control group design. Yang menjadi subjek pada penelitian ini seluruh kelas XI-IPA yang terdiri dari 40 siswa  dengan teknik sampel jenuh. Instrumen yang digunakan adalah tes soal essai dan lembar observasi. Dari hasil penelitian, kemampuan proses ilimiah siswa mengenai konten gelombang bunyi dapat ditingkatkan dengan memakai metodologi quided inquiry dengan Media Video dapat. Hal ini berdasarkan hasil uji n-gain di kelas eksperimen memperoleh nilai yang lebih signifikan dibandingkan kelas kontrol, sebesar 0,70% dan kelas kontrol 0,42% dengan selisih sebesar 0,28%. Sehingga penerapan model inquiri terbimbing lebih signifikan meningkatkan keterampilan proses sains siswa dibandingkan kelas kontrol dengan menggunakan model Dirrect Instruction.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

relativitas

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences

Description

Physics Learning Development of physics teaching materials Development of teaching media physics Development of models and methods of teaching physics Development of physical learning evaluation Physics Learning Curriculum Pedagogic Physics Difficulties Students in learning Physics Development of ...