Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol. 8 No. 5 (2024)

Model Manajemen Sekolah Ramah Anak (SRA) dalam Menanamkan Pendidikan Karakter pada Kurikulum Merdeka

Nasarudin, Nasarudin (Unknown)
Syafii, Ahmad Helwani (Unknown)
Nurjannah, Nurjannah (Unknown)
Muhirdan, Muhirdan (Unknown)
Husnan, Husnan (Unknown)
Marlina, Henny (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2024

Abstract

Kebijakan Sekolah Ramah Anak (SRA) di MIN 1 menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, bebas dari diskriminasi dan kekerasan, serta memperkuat pendidikan karakter sesuai Kurikulum Merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi model manajemen SRA yang efektif dalam menanamkan pendidikan karakter di MIN 1. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus, penelitian ini mengidentifikasi bahwa model manajemen kolegial yang diterapkan melibatkan berbagai pemangku kepentingan, termasuk kepala sekolah, guru, staf, siswa, orang tua, dan masyarakat dalam setiap tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, serta evaluasi program SRA. Kolaborasi ini memastikan terciptanya lingkungan belajar yang inklusif, mendukung kesejahteraan siswa, serta membangun nilai-nilai karakter melalui proses pembelajaran yang berkelanjutan. Model manajemen kolegial ini juga berkontribusi pada penguatan pendidikan karakter, dengan menekankan pentingnya keterlibatan aktif semua pihak dalam membangun budaya sekolah yang aman, nyaman, dan menghargai hak-hak siswa sesuai dengan prinsip-prinsip SRA dan Kurikulum Merdeka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...