Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi
Vol. 9 No. 1 (2025): DIDAKTIKA BIOLOGI

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA

Haka, Nukhbatul Bidayati (Unknown)
Asih, Nurul (Unknown)
Oktafiani, Raicha (Unknown)
Masya, Hardiyansyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2025

Abstract

Pembelajaran pada materi biologi memiliki banyak proses, mekanisme dan juga konsep yang sering kali sulit dipahami oleh siswa, maka pemahaman konsep menjadi hal krusial. Menggunakan media pendidikan adalah sekian dari satu cara dalam membantu siswa untuk mengerti sebuah mata pelajaran.   Menemukan dan mengevaluasi kelayakan dan keefektifan konten augmented reality berlandaskan Android dalam mengembangkan pengertian siswa kelas XI SMA tentang konsep sistem peredaran darah adalah tujuan dari proyek ini. Desain pengembangan menggunakan Borg & Gall yang sekedar memakai 9 aspek pada 10 tahap yang ada. Teknik pengumpulan data menggunakan angket ahli (bahasa, media, materi), angket respon, serta tes pemahaman konsep bentuk essay. Analisis data menggunakan rumus persentase kelayakan, uji n-gain, dan uji independent t-test. Menurut uji kelayakan pada ahli media, 82% ahli materi memiliki kriteria sangat layak, 84% memiliki kriteria sangat layak, dan 79% memiliki kriteria praktis.  Produk ini mendapat respon 83% dari siswa yang memenuhi syarat sangat layak. Efektifitas produk diketahui dari hasil n-gain kelas eksperimen lebih tinggi (0,47) dari kelas kontrol (0,23), sedangkan nilai t-hitung (5,94) lebih besar melalui t-tabel (2,00), sehingga H1 diterima, artinya media pembelajaran augmented reality berlandaskan android efektif dalam mengembangkan pengertian konsep dan memberikan kontribusi positif bagi siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

didaktikabiologi

Publisher

Subject

Education

Description

Focus and Scope of Didaktika Biologi: 1. Motivation, perception and profiles of educators and learners in learning process and biological learning 2. Development and application of learning sources and media 3. Design of biological learning 4. Application of biological learning in schools (classroom ...