Pendidikan merupakan kegiatan penting dalam mempersiapkan anak untuk menghadapi masa depan, bahkan telah ada sejak awal peradaban manusia meskipun dalam bentuk sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang mengikuti dan tidak mengikuti Klub Olimpiade Biologi di MAN Insan Cendekia OKI. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan tes tertulis, dan data dianalisis menggunakan independent sample t-test melalui aplikasi SPSS. Data diambil dari nilai Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS) semester ganjil tahun pelajaran 2024–2025. Sampel penelitian meliputi seluruh siswa kelas X, berjumlah 141 orang, terdiri dari 18 peserta klub olimpiade dan 123 non-peserta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata peserta klub adalah 69,06, sedangkan non-peserta sebesar 56,67. Uji normalitas menunjukkan data terdistribusi normal, dan nilai signifikansi 0,01 < 0,05 menunjukkan perbedaan yang signifikan. Perbedaan ini dapat disebabkan oleh tingginya motivasi, minat, dan kepercayaan diri peserta dalam mata pelajaran biologi, serta lingkungan klub yang mendukung terbentuknya pola pikir positif.
Copyrights © 2025