Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5, No 2 (2025): VOL 5 NO 2

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR ALJABAR SISWA KELAS VIII PADA MATERI HIMPUNAN

Sarah, Siti (Unknown)
Manurung, Sri Lestari (Unknown)
Lubis, Nazwah Indri Agista (Unknown)
Munthe, Tiolina Maria (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir aljabar siswa kelas VIII dalam memahami materi kumpulan. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan instrumen berupa tes tertulis dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari 32 siswa kelas VIII, dengan tiga siswa dipilih sebagai sampel berdasarkan tingkat kemampuan mereka. Salam penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan tinggi mampu memenuhi empat dari enam indikator berpikir aljabar, seperti generalisasi, abstraksi, berpikir dinamis, dan pemodelan. Sementara itu, siswa dengan kemampuan sedang hanya mencapai dua indikator, yaitu pemodelan dan berpikir dinamis. Siswa dengan kemampuan rendah hanya memenuhi satu indikator, yaitu generalisasi, dan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal dengan benar. Kesimpulannya, pemahaman konsep perkumpulan sangat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir aljabar siswa. Untuk meningkatkan pemahaman siswa, diperlukan strategi pembelajaran yang lebih inovatif, seperti memanfaatkan visualisasi dan solusi pemecahan masalah. Kata Kunci: berpikir aljabar, himpunan, kemampuan siswa, pembelajaran matematika. Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir aljabar siswa kelas VIII dalam memahami materi himpunan. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan instrumen berupa tes tertulis dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari 32 siswa kelas VIII, dengan tiga siswa dipilih sebagai sampel berdasarkan tingkat kemampuannya. Penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan tinggi mampu memenuhi empat dari enam indikator berpikir aljabar, seperti generalisasi, abstraksi, berpikir dinamis, dan pemodelan. Sementara itu, siswa dengan kemampuan sedang hanya mencapai dua indikator, yaitu pemodelan dan berpikir dinamis. Siswa dengan kemampuan rendah hanya memenuhi satu indikator, yaitu generalisasi, dan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan masalah dengan benar. Simpulannya, pemahaman konsep himpunan sangat memengaruhi kemampuan berpikir aljabar siswa. Untuk meningkatkan pemahaman siswa, diperlukan strategi pembelajaran yang lebih inovatif, seperti memanfaatkan pendekatan visualisasi dan pemecahan masalah. Kata kunci: berpikir aljabar, himpunan, kemampuan siswa, pembelajaran matematika.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

KJPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication include the topic abaut Mathematics ...