Banyak guru di Kabupaten Takalar Khususnya di Desa Bontomanai masih menghadapi kesulitan dalam menerapkan metode pembelajaran inovatif, sehingga berdampak pada rendahnya keterlibatan siswa dalam proses belajar. Lesson study dipilih sebagai pendekatan karena terbukti efektif dalam meningkatkan profesionalisme guru melalui refleksi dan kolaborasi. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam menerapkan Lesson study agar pembelajaran menjadi lebih efektif dan interaktif. Metode yang digunakan meliputi penyuluhan, pelatihan, workshop, dan pendampingan langsung. Kegiatan ini melibatkan dosen dari Universitas Negeri Makassar dan guru dari berbagai sekolah dengan total peserta sebanyak 20 orang dan dilaksanakan SDN 112 Inpres Bontomanai, dengan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman guru terhadap Lesson study serta meningkatnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Terdapat peningkatan softskill guru dalam mengelola kelas dan menerapkan strategi pembelajaran inovatif. Namun, kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan waktu refleksi dan minimnya sarana pembelajaran yang mendukung. Untuk pengembangan lebih lanjut, disarankan adanya pelatihan berkelanjutan, peningkatan fasilitas pembelajaran, serta penguatan kerja sama antara sekolah dan perguruan tinggi. Secara keseluruhan, Lesson study terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan dapat diterapkan secara lebih luas dalam sistem pendidikan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025