Madaniya
Vol. 6 No. 1 (2025)

Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Lesson Study Bagi Guru UPT SMPN 4 Masamba

Taufiq Taufiq (Universitas Cokroaminoto Palopo)
Abd Rahim Ruspa (Universitas Cokroaminoto Palopo)
Reski Yusrini Islamiah Yunus (Universitas Cokroaminoto Palopo)
Shindy Ekawati (Universitas Cokroaminoto Palopo)
Andrika Romi Putra (Universitas Cokroaminoto Palopo)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2025

Abstract

Implementasi Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan bagi pendidik dalam merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Salah satu pendekatan yang dapat diterapkan untuk meningkatkan efektivitas implementasi kurikulum ini adalah Lesson Study, yaitu model pembelajaran kolaboratif yang memungkinkan guru untuk merancang, mengimplementasikan, mengamati, dan merefleksikan praktik pembelajaran secara sistematis. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk mendukung guru di UPT SMPN 4 Masamba dalam mengadopsi dan mengoptimalkan Kurikulum Merdeka melalui Lesson Study. Kegiatan PKM ini dilakukan dalam tiga tahap utama: (1) Edukasi mengenai konsep Kurikulum Merdeka dan praktik Lesson Study, (2) Lokakarya pengembangan modul ajar digital berbasis Lesson Study, dan (3) Penguatan literasi dan numerasi melalui implementasi Kurikulum Merdeka. Edukasi diberikan untuk meningkatkan pemahaman guru terhadap prinsip dan penerapan Kurikulum Merdeka serta bagaimana Lesson Study dapat digunakan sebagai strategi pembelajaran yang efektif. Lokakarya pengembangan modul ajar digital bertujuan untuk membantu guru dalam menyusun bahan ajar yang inovatif dan berbasis teknologi guna mendukung proses pembelajaran yang lebih interaktif. Sementara itu, penguatan literasi dan numerasi dilakukan dengan penerapan metode yang berorientasi pada peningkatan keterampilan dasar siswa dalam membaca dan berhitung. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan guru dalam merancang serta melaksanakan pembelajaran berbasis Lesson Study sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka. Selain itu, guru juga lebih siap dalam memanfaatkan modul ajar digital untuk mendukung pembelajaran yang lebih efektif dan menarik. Penguatan literasi dan numerasi yang diterapkan dalam pembelajaran juga memberikan dampak positif terhadap keterampilan siswa. Dengan demikian, implementasi Kurikulum Merdeka berbasis Lesson Study dapat menjadi strategi yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di UPT SMPN 4 Masamba.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science

Description

Madaniya (ISSN 2721-4834) adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel tentang pengabdian kepada masyarakat dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini merupakan wadah untuk para akademisi, praktisi, dan masyarakat untuk mengeksplorasi isu-isu dan praktik yang berkaitan dengan penelitian, ...