Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan, kelayakan, dan respons siswa terhadap media pembelajaran big book jelajah kata. Penelitian ini mengggunakan metode penelitian research and development (R&D) dengan menggunakan desain ADDIE yang memiliki lima tahapan diantaranya analysis, design, development, implementation dan evaluation. Teknik dan prosedur pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, tes, angket, dan uji validasi ahli. Hasil validasi ahli media mendapatkan skor rata-rata 87,6%. Hasil validasi ahli materi mendapatkan skor rata-rata 84,55%. Dan hasil validasi bahasa mendapatkan skor rata-rata 89,95%. Berdasarkan hasil validasi tim ahli mendapatkan nilai akumulasi 87,36% dengan kategori sangat layak. Hasil angket respons siswa memperoleh skor rata-rata 97,8% dan hasil tes kemampuan membaca permulaan mendapatkan skor 91,86%. Dengan demikian, dapat disimpulkan media pembelajaran big book jelajah kata sangat layak dan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran membaca permulaan di kelas I sekolah dasar.
Copyrights © 2025