Berkembangnya teknologi informasi saat ini merambah pada seluruh bidang kehidupan masyarakat, termasuk bidang pendidikan. Pada era revolusi industri 4.0 diperlukan tiga literasi yaitu literasi data, literasi manusia, dan literasi teknologi. Pembelajaran di era revolusi 4.0 dapat menerapkan hybrid/blended learning dan Case-base Learning. Bahkan pendidikan dalam era society 5.0, memungkinkan siswa dalam kegiatan pembelajaran berdampingan dengan robot yang sudah dirancang untuk menggantikan peran pendidik. Lantas bagaimana dengan sistem pendidikan di Indonesia? Tulisan ini mengkaji tentang media Pembelajaran sebagai alat untuk menyampaikan informasi kepada orang lain agar mudah dipahami. Dalam pembelajaran di kelas, keterampilan dan kreativitas guru dalam meyampaikan informasi kepada peserta didik sangatlah dibutuhkan agar menarik dan memberikan inspirasi, serta memotivasi dalam belajar sesuai dengan paradigma pembelajaran di abad 21. Pengabdian ini dilakukan dengan metode pelatihan menggunakan participant-centered. Target yang diharapkan adalah pendampingan penggunaan media pembelajaran PUEMLA. Hasil kegiatan menunjukkan siswa antusias dan merespon dalam pembelajaran, dan keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga dapat menumbuhkan kreatifitas dan memotivasi siswa dalam belajar.
Copyrights © 2023