Jurnal Grafis
Vol 1, No 1 (2022): Jurnal Grafis Volume 1, Nomor 1

Perancangan Komik Strip Sebagai Media Pembelajaran Reading Bahasa Inggris untuk Siswa Kelas VII

Reffi Mahardhika (Universitas Catur Insan Cendekia)
Dewi Iriani (Universitas Catur Insan Cendekia)
Yuni Awalaturrohmah Solihah (Universitas Catur Insan Cendekia)
Viar Dwi Kartika (Universitas Catur Insan Cendekia)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Siswa-siswi SMPN 13 Cirebon mengalami kesulitan dalam mempelajari pelajaran bahasa Inggris. Hal tersebut membuat minat siswa-siswi dalam mempelajari bahasa Inggris terbilang rendah. Terlebih metode pembelajaran yang digunakan adalah metode “ceramah” yang sangat umum digunakan. Berangkat dari hal tersebut, tujuan dari perancangan ini adalah untuk membantu siswa-siswi SMPN 13 Cirebon untuk meningkatkan minat belajar bahasa Inggris. Selain itu, perancangan ini dilakukan untuk menambah media pembelajaran guru agar lebih bervariatif dan tidak terkesan monoton. Dalam pembuatan perancangan ini digunakan metode Scott McCloud dalam bukunya yang berjudul “Understanding Comics”,diantaranya memilih gagasan ide, menentukan bentuk visual, menambahkan ciri komikus, memperhatikan struktur dan komposisi, keterampilan dalam visualisasi dan mempertimbangkan hasil jadi. Setelah memperhatikan beberapa hal tersebut maka perancangan dapat dilakukan. Hasil jadi (output) dari perancangan ini adalah komik strip digital yang diunggah ke media sosial Instagram

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnalgrafis

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

Jurnal GRAFIS adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan serta dikelolan Program Studi Desain Komunikasi Visual dan berkoordinasi dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada masyarakat (LPPM) Universitas Catur Insan Cendekia. Jurnal Grafis menerbitkan makalah asli, makalah review, kerangka ...