Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Sains (JRIPS)
Vol. 4 No. 1 (2025): Januari

KANDUNGAN FITOKIMIA DAUN TEMBELEKAN (Lantana camara L) PADA DUA TEMPAT DENGAN INTENSITAS CAHAYA BERBEDA

Fikriyah, Nanda adzka (Unknown)
Tia Setiawati (Unknown)
Rusdi Hasan (Unknown)
Mohamad Nurzaman (Unknown)
Asep Zainal Mutaqin (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Tembelekan (Lantana camara L) adalah salah satu tumbuhan yang banyak dimanfaatkan untuk pengobatan. Tumbuhan ini mengandung banyak senyawa fitokimia yang bermanfaat untuk kesehatan seperti alkaloid, flavonoid, saponin dan lainnya. Salah satu faktor yang memengaruhi kandungan fitokimia tanaman adalah intensitas cahaya karena dapat memengaruhi proses metabolisme tumbuhan hingga pembentukan senyawa metabolit sekunder. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk menguji kandungan fitokimia yang terdapat di daun tembelekan (Lantana camara L) pada lokasi dengan intensitas cahaya yang berbeda yaitu sampel dari daerah yang gelap atau ternaungi dan sampel dari daerah yang terang atau terkena sinar matahari langsung. Penelitian ini dilakukan dengan metode survei dan uji kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan intensitas cahaya pada lokasi yang terang sebesar 9925 lux sedangkan daerah gelap sebesar 1500 lux. Ditemukan senyawa fitokimia tembelekan (Lantana camara L) pada sampel terang yaitu senyawa fenol, saponin dan flavonoid sedangkan pada sampel di daerah yang ternaungi atau gelap ditemukan senyawa fenol, flavonoid dan kuinon. Kata Kunci : Fitokimia, Intensitas Cahaya, Lantana camara, Uji Fitokimia

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JRIPS

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Other

Description

Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Sains (JRIPS) terbit sejak tahun 2022, diterbitkan dua kali dalam satu tahun. Merupakan jurnal penelitian yang menyajikan artikel-artikel dalam 2 bidang ilmu yaitu pendidikan sains (Kurikulum, Inovasi, Media, Assesment, Evaluasi, Manajemen dan Kebijakan, studi ...