Edu Geography
Vol. 12 No. 3 (2024): VOL 12 NO 3 (2024)

Pengaruh Model Pembelajaran Earthcomm Berbantuan WebGIS Terhadap Kemampuan Berpikir Spasial Siswa

Pranardia, Luna (Unknown)
Nisa’, Nur Kholifatun (Unknown)
Naralita, Nevi (Unknown)
Baby, Krisnawati (Unknown)
Kamalia, Lisa (Unknown)
Fajar, Ibnu (Unknown)
Soekamto, Hadi (Unknown)
Mutia, Tuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Apr 2025

Abstract

Kemampuan berpikir spasial merupakan  kemampuan mengola dan menguasai informasi yang diperoleh dalam ruang. Model Earthcomm merupakan model yang berorientasi pada penyelesaian permasalahan di bumi yang dipelajari diluar angkasa. Berkaitan dengan variabel tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Earth Science System In The Community berbantuan WebGIS terhadap kemampuan berpikir spasial. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimenal dengan menerapkan Post test only control group design. Sampel dalam penelitian ini tidak lebih dari 30 siswa. Teknik pengumpulan data diperole dari lembar tes kemampuan berpikir spasial yang telah diuji validitas dan reabilitasnya. Soal tes dirancang sesuai dengan indikator kemampuan berpikir spasial dan materi geografi. Analisis menggunakan uji Mann Witney berbantuan SPSS 16 for Windows. hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi 0,000 dan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar 76 dibandingkan kelas kontrol 65. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bawa model pembelajaran Earthcomm  berbantuan WebGIS berpengaruh terhadap kemampuan berpikir spasial siswa. Model Earthcomm melibatkan siswa belajar secara aktif dan langsung dalam melakukan penyelidikan yang terbukti mampu merangsang kesadaran siswa untuk memaami permasalahan mendasar mengenai kondisi dan letak geografi suatu daerah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edugeo

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Social Sciences

Description

Edu Geography Journal [p-ISSN 2252-6684|e-ISSN 2549-0346 ]is a Peer Reviewer Journal published by the Department of Geography, Faculty of Social Sciences, Semarang State University. Each year consists of 3 editions in April, August and November. This journal publishes 10 articles. Edu Geography ...