Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 12, No 3 (2024): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Peningkatan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar melalui Penerapan Model Scientific Reading Based Project (SRBP) pada Materi Keragaman Budaya dan Kearifan Lokal

Tiara Salsabilla Maheswari Wiranto (Universitas Sebelas Maret)
Kartika Chrysti Suryandari (Universitas Sebelas Maret)
Ngatman Ngatman (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2024

Abstract

Kreativitas merupakan salah satu aspek yang krusial bagi kehidupan siswa, setiap siswa dikembangkan kreativitasnya sedini mungkin untuk mempersiapkan kehidupan di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas IV pada materi Keragaman Budaya dan Kearifan Lokal melalui penerapan model Scientific Reading Based Project (SRBP). Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Scientific Reading Based Project (SRBP) dapat meningkatkan kreativitas siswa. Peningkatan kreativitas pada penelitian terlihat dari peningkatan aspek flexibility, originality, elaboration dan fluency. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai pertimbangan bagi guru dalam meningkatkan kreativitas siswa dengan menerapkan langkah-langkah model Scientific Reading Based Project (SRBP) secara tepat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...