Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 12, No 3 (2024): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Penerapan Metode Role Playing dengan Media Picture Mask untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Jawa Materi Cerita Wayang pada Siswa Kelas VA SD Negeri Jemur Tahun Ajaran 2023/2024

Lu'luul Asviyati (Universitas Sebelas Maret)
Ngatman Ngatman (Universitas Sebelas Maret)
Suhartono Suhartono (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan metode role playing dengan media picture mask; (2) meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Jawa materi cerita wayang; dan (3) mendeskripsikan kendala dan solusi yang ditemukan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian guru dan siswa kelas VA SD Negeri Jemur yang menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) penerapan metode role playing dengan media picture mask melalui langkah-langkah: (a) memilih masalah atau topik, (b) menyiapkan skenario, (c) membentuk kelompok, (d) menyiapkan pengamat, (e) memainkan peran menggunakan media picture mask, (f) diskusi dan evaluasi, dan (g) kesimpulan; (2) ketuntasan keterampilan berbicara pada siklus I = 33,33%, siklus II = 57,14%, dan siklus III = 95,24%; dan (3) kendala yang paling dominan yaitu sulitnya mengondisikan siswa; solusinya yaitu guru lebih tegas dalam membimbing siswa mengikuti pembelajaran dengan baik.  Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode role playing dengan media picture mask dapat meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Jawa materi cerita wayang pada siswa kelas VA SD Negeri Jemur.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...