Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 2, No 1 (2022): Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas VIII MTS Pada Materi SPLDV

Kurnia, Firda (Unknown)
Farhan, Muhamad (Unknown)
Isnaningrum, Idha (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII di MTs Al Islamiyah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualiatif dengan metode deskriptif. Penentuan subjek pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Purposive Sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII-B MTs Al Islamiyah yang terdiri dari 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki hasil tes tinggi dan hasil tes sedang memperoleh kriteria ketuntasan kemampuan berpikir kreatif matematis yang cukup kreatif dengan presentase 56,25%, sedangkan untuk siswa yang memiliki hasil tes rendah memperoleh kriteria ketuntasan kemampuan berpikir kreatif matematis yang kurang kreatif dengan presentase 0% berdasarkan indikator kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), keaslian (originality), dan elaborasi (elaboration)

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

himpunan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika aims as a medium of exchange of information and scientific works among the teaching staff and students on the field of Mathematics Education; Applied Mathematics; Mathematics Education, Technology, & Learning Evaluation; Etnomathematics. ...