Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 4, No 2 (2024): Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

Analisis Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Logaritma Kelas 10 MAN Berdasarkan Teori APOS dengan Metode Pembelajaran Berbasis Game

Rahmani, Muthia (Unknown)
Soempoh, Fitria Mulia Hanifa (Unknown)
Ramadhanu, Fattah Tansaguna (Unknown)
Al Jamil, Hizbulloh Khalil (Unknown)
Hernaeny, Ul'fah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Dalam penelitian ini, pendekatan teori APOS (Tindakan, Proses, Objek, Skema) digunakan untuk menganalisis bagaimana siswa membangun pemahaman matematis mereka, mulai dari tindakan sederhana hingga skema yang lebih kompleks. Untuk mengidentifikasi fase perkembangan pemahaman logaritma siswa, penelitian ini melakukan wawancara mendalam dan observasi selama tes wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang berhasil mencapai tahap "Objek" dan "Skema" memiliki kecenderungan untuk memecahkan masalah dalam konteks logaritma yang lebih baik. Hasil ini memungkinkan pendidik menggunakan teori APOS untuk membuat pendekatan pengajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep logaritma.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

himpunan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika aims as a medium of exchange of information and scientific works among the teaching staff and students on the field of Mathematics Education; Applied Mathematics; Mathematics Education, Technology, & Learning Evaluation; Etnomathematics. ...