Journal of Biology Science and Education
Vol. 12 No. 1 (2024): Juni

Persepsi Guru Biologi tentang Kurikulum Sekolah Penggerak (KSP) di SMA Negeri 4 Palu

Irda, Irda (Unknown)
Jamhari, Mohammad (Unknown)
Rauf, Abd (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2025

Abstract

Pendidikan dalam pelaksanaannya memerlukan proses yang berkesinambungan dalam setiap jenis dan jenjang pendidikan yang berkaitan dalam suatu sistem pendidikan yang integral. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan persepsi guru biologi tentang Kurikulum Sekolah Penggerak (KSP) di SMA Negeri 4 Palu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru biologi SMA Negeri 4 Palu sebanyak 5 orang dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru biologi pada indikator penyerapan terhadap rangsangan atau objek dari luar individu memiliki skor aktual (X) > 43,99, indikator pengertian atau pemahaman memiliki skor aktual (X) > 31,99, dan indikator penilaian dan evaluasi memilki skor aktual (X) > 43,99. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat dinyatakan bahwa persepsi guru biologi tentang KSP di SMA Negeri 4 Palu berada pada kategori sangat positif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ejipbiol

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology

Description

Journal of Biology Science and Education (JBSE) is an Open Access Scientific Journal published by Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, Tadulako University. Journal of Biology Science and Education is a peer-reviewed journal that publishes original article in ...