Elementary Education Research
Vol 6, No 1 (2021): FEBRUARI 2021

PENGARUH MODEL MAPPING MIND TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SECARA DARING PADA MATERI ORGAN PERNAPASAN DAN FUNGSINYA PADA HEWAN DAN MANUSIA DI KELAS V SDN 22 BANDA ACEH

Nurannisa, Izzah (Unknown)
Syafrina, Alfiati (Unknown)
Bukhari, Bukhari (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Feb 2021

Abstract

penelitian ini dimasudkan tuk mencari tahu mengenai adakah pengaruh model mapping mind terhdap hasil beljar siswa secara daring pada materi organ pernapsan dan fungsinya pada hewan dan manusia di kelas V SDN 22 Banda Aceh. Mapping mind menyajikan data secara sistematis bertujuan dengan mengeneralisasikan setiap informasi yang diperoleh dan mengembangkannya dengan menghubungkan ide-ide lain yang berkaitan serta cocok diaplikasikan oleh kajian materi bersangkutan Karena materi yang bersangkutan memerlukan alat peraga konkret tidak sesuai dengan kondisi pandemik COVID-19 yang mengharuskan pembelajaran daring. Mapping Mind bersifat fleksibel maka dapat diterapkan secara daring menggunakan bantuan aplikasi. Pendekatan yang diguanakan di penelitian ini merupakan pendekatan yangenggunakan diantaranya nilai rata-rata, deviasi post-test, serta pengujian hipotesi pada uji-t pihak kanan. Pengolahan data statistik untuk uji-t pada taraf signifikan = 0,05, thitung sebesar 3,3 diperoleh. Lebih besar dari ttabel sebesar 1,69 pada hasil pengujian hipotesis uji-t mengakibatkan H1 diterima dan H0 ditolak. Maka mampu digambarkan terdapat pengaruh signifkan penggunaan model mapping mind terhadap terhadap hasil belajar siswa secara daring pada materi organ pernapasan dan fungsinya pada hwan dan manusia di kelas V SDN 22 Banda Aceh. Kata Kunci : model mapping mind, , daring, oragan pernpasan dan fungsiny pada hewan dan manusia

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

Elementary Education Research (EER) is a journal of research results and literature review in the field of learning. a scientific journal published by Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Syiah Kuala. Has been published in 2016. JIM-EER contains scientific articles resulting from research and ...