UNM Journal of Technology and Vocational
Volume 8, Issue 3, October (2024)

EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA MENGGUNAKAN MODEL CIPP DI SMK LANIANG MAKASSAR

Nurfadhilah (Unknown)
Muhammad Yusuf Mappeasse (Unknown)
Riana Tangkin Mangesa (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan menggunakan pendekatan mixed method (kuantiatif dan kualiatif). Penelitian ini menggunakan model evaluasi CIPP yang bertujuan untuk mengevaluasi implementasi Kurikulum Merdeka di SMK Laniang Makassar dengan mempertimbangkan empat aspek yaitu context, input, process, product. Subjek penelitian ini sebanyak 47 orang yang terdiri dari pengawas sekolah, kepala sekolah, wakasek bid. Kurikulum, guru, dan peserta didik yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantilatif. Data kuantitatif dianalisis menggunakan teknik persentase, sementara data kualitatif melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Evaluasi context mencakup dua indikator mendapat persentase 97% dengan kriteria sangat baik. (2) Evaluasi input mencakup empat indikator mendapat persentase 89% dengan kriteria sangat baik. (3) Evaluasi process mencakup tiga indikator mendapat persentase 93% dengan kriteria sangat baik. (4) Evaluasi product mencakup tiga indikator mendapat persentase 97% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa evaluasi implementasi Kurikulum Merdeka di SMK Laniang Makassar dinyatakan sangat baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

UJTV

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

UJTV invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The journal explores about vocational in learning and efforts to address employability within the curriculum, together with coverage of innovative themes and initiatives within vocational education and ...