Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika (JIPM)
Vol. 3 No. 2 (2022): Edisi April 2022

Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Pada Materi Trigonometri

Masriyani, Masriyani (Unknown)
Minggani, Fitriana (Unknown)
Zakiyah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan literasi matematika pada materi trigonometri siswa kelas X MA Syafi’iyah Kambingan Timur. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Pre-Experimental One-Group Pretest Posttest Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 20 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu berbentuk soal-soal uraian berupa pretest dan posttest sebagai instrumen primer dan lembar observasi sebagai instrumen sekunder. Berdasarkan hasil penelitian yaitu diperoleh sebanyak 15 % siswa dengan kategori kemampuan literasi matematika tinggi, 80 % siswa berkemampuan literasi matematika dengan kategori sedang dan 5 % siswa berkemampuan literasi matematika dengan kategori rendah. Kemudian dilakukan analisis menggunakan uji-t, dengan taraf signifikansi 5%, diperoleh nilai sebesar 28,031 dan nilai sebesar 2,090. Karena lebih dari , dengan kata lain H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik terhadap kemampuan literasi matematika pada materi perbandingan trigonometri siswa kelas X MA. Syafi’iyah Kambingan Timur.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPM

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JIPM: Journal of Mathematics Learning Innovation is a journal published by the Mathematics Education Study Program of STKIP PGRI Sumenep, which contains articles from empirical studies or research related to teaching and learning in the field of mathematics and mathematics education. JIPM is ...