Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako
Vol. 9 No. 4 (2022)

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PROGRAM LINEAR DI KELAS XI MAN 1 PALU BERDASARKAN JENIS KELAMIN

Alfirna (Unknown)
Baharuddin Paloloang (Pendidikan Matematika FKIP-Universitas Tadulako)
Pathuddin (Pendidikan Matematika FKIP-Universitas Tadulako)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal program linear berdasarkan jenis kelamin. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 1 Palu yang berjumlah 2 orang yaitu siswa laki-laki MR dan siswa perempuan JH. Jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan tugas dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan siswa laki-laki dan siswa perempuan dalam menyelesaikan soal program linear kelas XI MIPA I MAN 1 Palu adalah 1) Siswa laki-laki melakukan kesalahan membaca, tidak mampu menentukan informasi utama pada soal. Kesalahan memahami, tidak menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan. Kesalahan transformasi, tidak mengubah soal kedalam kalimat matematika dengan benar. Kesalahan keterampilan, tidak dapat melanjutkan jawaban. Kesalahan penulisan jawaban, tidak mendapatkan jawaban akhir dengan benar dan tidak menuliskan kesimpulan sesuai yang dimaksud dari soal. 2) Siswa perempuan melakukan kesalahan membaca, tidak mampu menentukan informasi utama pada soal. Kesalahan memahami, tidak menangkap informasi yang terkandung dalam pernyataan. Kesalahan transformasi, tidak mengetahui rumus atau prosedur yang digunakan dalam menyelesaikan soal. Kesalahan keterampilan, salah dalam melakukan proses perhitungan, tidak menggambarkan grafik dan tidak dapat melanjutkan jawaban. Kesalahan penulisan jawaban, tidak mampu mendapatkan jawaban akhir dengan benar dan tidak menuliskan kesimpulan sesuai yang dimaksud dari soal.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpmt

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako (JEPMT) is a mathematics education journal that has p-ISSN number 2338-378X and e-ISSN number 3089-803X. JEPMT contains writings raised from the results of research or critical studies in the field of mathematics education and / or its instructional. ...