Joyful Learning Journal
Vol. 13 No. 4 (2024): Joyful Learning Journal: Desember 2024

Apresiasi Dan Reward  Guru Terhadap Pembentukan Motivasi Belajar Siswa Di SDN Sungai Andai 3

Sovarinda, Irena (Unknown)
Suriansyah, Ahmad (Unknown)
Budi Harsono, Arta Mulya (Unknown)
Widyarini, Tika Puspita (Unknown)
Fauzi, Zain Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

Apresiasi merupakan salah metode dalam menghadapi siswa, Apresiasi yang diberikan dari guru guna meningkatkan motivasi belajar pada siswa. Biasanya dapat berupa pujian, hadiah, serta penghargaan. Apresiasi yang diberikan ini diduga mampu meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran. Karna siswa yang merasa dirinya dihargai akan cenderung lebih bersemangat dan terlibat dalam proses pembelajaran. Pemberian reward yang tepat dan adil dapat meningkatkan rasa bangga dan semangat belajar siswa, sehingga berdampak positif pada produktivitas perkembangan siswa. Namun, tantangan yang dihadapi dalam penggunaan reward adalah memastikan bahwa penghargaan yang diberikan adil, transparan, dan relevan dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus untuk mengetahui lebih dalam bagaimana apresiasi guru terhadap pembentukan motivasi belajar pada siswa sekolah dasar Di SDN Sungai Andai 3. Metode kualitatif yang digunakan merupakan studi kasus, dengan tujuan mendapatkan pemahaman mendalam mengenai penggunaan apresiasi di sekolah. Di SDN Sungai Andai 3 guru turut serta dalam melakukan apresiasi yang dilakukan oleh para guru dengan memberikan reward, pujian, serta dukungan untuk anak. Anak berani memberikan kesan bahwasannya mereka pantas untuk mendapatkan apresiasi atas hal telah mereka lakukan untuk mengutarakan pendapatnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jlj

Publisher

Subject

Education

Description

Joyful Learning Journal publishes research articles on the development of innovative and creative learning media, the effectiveness of a learning model, the comparison of a learning activity in elementary school, the relationship of a learning concept as well as conceptual studies on basic ...