Joyful Learning Journal
Vol. 13 No. 4 (2024): Joyful Learning Journal: Desember 2024

Kemampuan dan Pemahaman Belajar Anak Slow Learner: Dari Pendampingan Khusus Menjadi Kemandirian Belajar

Siti Nur Aliyah (Universitas Lambung Mangkurat)
Ahmad Suriansyah (Universitas Lambung Mangkurat)
Arta Mulya Budi Harsono (Universitas Lambung Mangkurat)
Latifa Putri Ridhaningtyas (Universitas Lambung Mangkurat)
Muhsinah Annisa (Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

Fenomena slow learner sering terjadi pada anak usia sekolah dasar, di mana anak tersebut mengalami tantangan untuk memahami materi pelajaran dan biasanya memiliki hasil belajar yang lebih rendah, pada kasus ini anak tersebut memerlukan perhatian khusus dari wali kelas dan guru pendamping khusus. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memahami bagaimana peran dari guru wali kelas dan guru pendamping khusus (GPK) dapat membantu siswa slow learner melalui bimbingan yang sabar dan pendekatan belajar yang disesuaikan, termasuk dukungan tambahan dalam membaca dan menulis, Selain itu orang tua juga berperan aktif dalam mengawasi perkembangan belajar anaknya dirumah. Metode penelitian menggunakan jenis pendekatan kualitatif berbasis studi kasus digunakan dengan melibatkan guru wali kelas, GPK dan kepala sekolah SDN Sungai Andai 3 sebagai narasumber. Hasil menunjukkan bahwa kolaborasi antara GPK, wali kelas, dan orang tua menjadi faktor terpenting dalam menciptakan lingkungan yang mendukung kemandirian siswa. Hal ini terbukti dengan adanya siswa slow learner yang didak didampingi oleh GPK lagi pada saat proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jlj

Publisher

Subject

Education

Description

Joyful Learning Journal publishes research articles on the development of innovative and creative learning media, the effectiveness of a learning model, the comparison of a learning activity in elementary school, the relationship of a learning concept as well as conceptual studies on basic ...