Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 2 (2025)

Peran Bahasa Indonesia dalam Merintis Bisnis Lokal dan Menghadapi Persaingan pada Usaha UMKM Gegarang Resto

Fina Meilinar (1Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Almuslim, Indonesia)
Rahmi Hayati (Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Almuslim, Indonesia)
Intan Syuhada (Program Studi Admnistrasi Bisnis Universitas Almuslim, Indonesia)
Aldy Wantesa (Program Studi Admnistrasi Bisnis Universitas Almuslim, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peran Bahasa Indonesia dalam merintis bisnis lokal dan menghadapi persaingan pada usaha UMKM gegarang resto. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan metode penelitian menggunakan triagulasi data. Pemilihan subjek dalam penelitian ini yaitu pemilik Gegarang Resto yang terletak di Desa Tansaril, kecamatan Bebesen, kabupaten Aceh Tengah. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini Gegarang Resto memanfaatkan kearifan lokal sebagai inti bisnisnya dengan strategi komunikasi yang efektif, penggunaan bahasa Indonesia yang inklusif, dan restoran ini tidak hanya menjadi tempat makan tetapi juga wadah pelestarian budaya. Penggunaan bahasa Indonesia dalam komunikasi dengan pelanggan memungkinkan pesan yang disampaikan lebih jelas dan mudah dipahami. Tim Gegarang Resto berkomitmen untuk menggunakan bahasa yang ramah dan sopan dalam menanggapi setiap keluhan, sehingga konsumen merasa dihargai. Proses ini membantu menciptakan hubungan yang baik antara bisnis dan pelanggan, serta meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kualitas layanan yang diberikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...